Rabu, 23 Maret 2016

Bimbel bersama TFI pengajaran BIMBEL di SDN Kemanggisan 18 Petang dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)


I. Bagian Awal

Nama dosen    : Silverius Constantino Johanes Maria Lake, M.Hum
Kode dosen     : D3324
Kelas               : LF01
Hari/Tanggal   : Selasa, 22 Maret 2016
Jam                  : 13:00-14:40 (100 menit)
Lokasi             : Jl. Kemanggisan llir II/9
Murid               :9 ( kelas 3 )

Ketua : Haifa Nanda .S.
Anggota yang hadir:
1. Haifa Nanda Shalihah                     1901478622
2. Kevin Pratama Lindy                      1901503391
3. Abimanyu Anggito Pramukti          1901530524
4. David Pangeran                              1901506310
5. Dinny Hidayanti Mulyadi               1901494260
6. Carissa Aprilia Zahrah                    1901502930
7. Muhammad Anis Fadilla                1901500950
8. Goldivansyah Raihan                      1901529623



                                                                          Penyampaian Materi



II. Bagian Isi

Pembelajaran & Persiapan
Pada pertemuan kedua, kami mengajar siswa-siswi kelas 3 SDN 18 Petang Kemanggisan. Mata pelajaran yang kami ajarkan adalah bahasa Inggris. Materi yang kami sampaikan adalah mengenai cara pengucapan alfabet dan penggunaan artikel a dan an dalam bahasa Inggris. Metode penyampaian materi yang kami lakukan adalah dengan menampilkan alfabet pada papan tulis lalu kami mengajarkan cara pengucapannya sehingga para siswa-siswi paham setiap hurufnya. Selain itu, kami memberikan pengetahuan mengenai penggunaan artikel a dan an. Kemudian, kami memberikan berbagai macam latihan soal agar para siswa-siswi menguasai materi yang telah kami sampaikan.

Metode Pembelajaran
  kami menerapkan metode yaitu Classroom .Adapun kelemahan dan keuntungan setelah kami menggunakan metode tersebut :

Metode Classroom
Kelebihan :
Kekurangan :
Siswa-siswi beberapa yang sudah lancear mengeja alphabet
Sulitnya mengendalikan beberapa anak yang belum menangkap

Evaluasi
·                      Survey Eksternal   
      Berdasarkan hasil evaluasi dari segi pakaian sudah dianggap rapi dan sopan. Untuk penyampaian materi, anak-anak aktif dalam mengerjkan latihan soal yang diberikan.

·                     Survey Internal
   Berdasarkan hasil evaluasi untuk tiap anggota dalam masalah penyampaian materi, penerapan langsungpun telah berjalan dengan baik dan juga, tata kelakuan untuk tiap anggota, sopan dan menaati peraturan yang ada.


III. Bagian Penutup
Hasil Kegiatan
Sebelum
Sesudah
Siswa-siswi yang tampak tidak semangat
Siswa-siswi aktif belajar
Siswa-siswi tidak cepat menangkap pelajaran
Menjadi lebih cepat menangkap pelajaran
Siswa-siswi masih belum terlihat akrab dengan anggota
Siswa-siswi menjadi dekat dengan anggota

Pencapaian
Target kami adalah siswa-siswi lebih paham mengenai seluruh materi yang diajarkan di sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar