Senin, 11 April 2016

Bimbel bersama TFI pengajaran BIMBEL di SDN Kemanggisan 18 Petang dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia (TFI)

I. Bagian Awal

Nama dosen          : Silverius Constantino Johanes Maria Lake, M.Hum
Kode dosen           : D3324
Kelas                     : LF01
Hari                       :Selasa, 29 Maret 2016
Jam                        :13:00-14:40(100 menit)
Lokasi                   : Jl. Kemanggisan llir II/9
Murid                    :12 ( kelas 1)

Ketua : Haifa Nanda .S.
Anggota Yang Hadir:
1. Haifa Nanda Shalihah               1901478622
2. Kevin Pratama Lindy               1901503391
3. Abimanyu Anggito Pramukti   1901530524
4. David Pangeran                         1901506310
5. Dinny Hidayanti Mulyadi         1901494260
6. Carissa Aprilia Zahrah              1901502930
7. Muhammad Anis Fadilla          1901500950
8. Goldivansyah Raihan                1901529623


Berikut ini adalah foto dari kegiatan kelompok kami :

















II. Bagian Isi

Persiapan Materi

Pada hari kelima, kami memberikan bahan pelajaran kepada siswa dan siswi kelas 1 SD yaitu tentang pelajaran Bahasa Inggris. Materi yang kami berikan disini adalah mengenai beberapa nama nama benda. Kami memberikan bahan ajar sesuai dengan kurikulum yang dianjurkan dan telah di sarankan oleh wali kelas. Sehingga siswa-siswi dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Setelah itu, kami juga memberikan bermacam-macam variasi contoh dan soal latihan, kami memberikan latihan dengan tujuan agar siswa dan siswi dapat berkembang dan mengalami progres dalam belajar yang memuaskan.

Kedisiplinan

Kami menilai kedisiplinan siswa dan siswi kelas 1 SD Kemanggisan tersebut sangat disiplin. Mereka menggunakan seragam yang baik sesuai aturan. Mereka juga tertib dan sangat antusias ketika kami memberikan bahan ajar.

Metode Classroom
Kelebihan :
Kekurangan :
Siswa-siswi sangat bersemangat mengikuti pelajarn Bahasa Inggris.
Siswa-siswi kurang percaya diri karena menurut mereka Bahasa Inggris itu sulit


Metode Mentoring
Kelebihan :
Kekurangan :
Siswa – siswi dapat belajar lebih cepat dan bisa mengikuti kelas dengan baik.
Ada beberapa siswa yang tidak mau belajar Bahasa Inggris

  •  Survey Eksternal   
      Berdasarkan hasil evaluasi dari segi pakaian sudah dianggap rapi dan sopan. Untuk penyampaian materi, anak-anak aktif dalam mengerjkan soal dan kuiz yang diberikan.

  • Survey Internal
   Berdasarkan hasil evaluasi untuk tiap anggota dalam masalah penyampaian materi, penerapan langsungpun telah berjalan dengan baik dan juga, tata kelakuan untuk tiap anggota, sopan dan menaati peraturan yang ada .


III. Bagian Penutup

A. Hasil Kegiatan

Sebelum
Sesudah
Siswa-siswi yang tampak tidak semangat
Siswa-siswi aktif belajar
Anak-anak tidak cepat mengakap pelajaran
Menjadi lebih cepat menangkap pelajaran
Siswa-siswi masih belum terlihat akrab dengan anggota
Siswa-siswi menjadi dekat dengan anggota
     
Pencapaian
Target kami adalah siswa-siswi lebih paham mengenai seluruh materi yang diajarkan disekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar